Menu
apa itu pbn

Apa Itu PBN (Private Blog Network), Tinjauan Kelebihan dan Kekurangan

sandi 2 weeks ago 0

Apa itu PBN, bagaimana pengaruhnya pada SEO, dan apa kelebihan serta kekurangannya?

Perlu Anda perhatikan bahwa PBN tidak hanya berkaitan dengan SEO semata. Ini merupakan jaringan yang –dengan langsung maupun tidak langsung– akan tetap memberikan peningkatan otoritas SEO.

Ya, jika Anda memiliki jaringan PBN, pun tidak melakukan optimasi ke website, semua URL di jaringan tersebut tetap mendapatkan otoritas. Bagaimana itu bisa terjadi?

Apa Itu PBN – Pengertian dan Contoh

PBN adalah Privat Blog Network atau Jaringan Blog Pribadi, merupakan kumpulan URL blog/website yang dibangun untuk tujuan tertentu.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa PBN masuk dalam kategori blackhat SEO. Sebab cara kerjanya dengan manipulasi algoritma Google untuk meningkatkan otoritas ke website utama. Seolah-olah website utama benar-benar memperoleh kepercayaan dari prestasi.

Namun pendapat lain mengatakan bahwa PBN merupakan jaringan blog. Ya, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang tertentu, memiliki beberapa blog di bawah naungan perusahaan itu yang membahas kategori (niche) spesifik.

Ambil contoh website pemberitaan daring, Detik Dot Com. Ya, Detik memiliki network (jaringan) antara lain: CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Haibunda, Beautynesia, CXO Media, Female Daily, Insert Live, dan lain-lain.

Setiap website pemberitaan daring rata-rata memiliki network. Kesinambungan antar website dalam jaringan tersebut tentu memberi pengaruh optimasi SEO dan peningkatan otoritas meskipun tidak sengaja.

Sayangnya, untuk PBN yang tidak terlembaga, seperti seorang ahli SEO mempunyai beberapa URL blog. Kemudian menawarkan jasa optimasi dan backlink berbayar untuk klien yang ingin mendapat peningkatan otoritas pada websitenya. Hal ini masih remang-remang, abu-abu, dan belum jelas ketentuan Google untuk menilai tindakan ini.

Pada akhirnya, apa itu PBN? Dari penjelasan di atas, secara garis besar PBN adalah sekumpulan URL blog/website yang dimiliki perorangan maupun instansi lembaga untuk manipulasi otoritas website utama, membangun jaringan website, hingga mencari manfaat ekonomi.

Apa Itu PBN – Tinjauan Kelebihan dan Kekurangan

PBN singkatan dari Privat Blog Network yang sebenarnya bisa Anda artikan sebagai massa. Ya, Anda tidak salah baca, massa yang merupakan kelompok bersatu atas dasar dan tujuan tertentu.

Analogikan begini, website utama adalah calon Kepala Desa Konoha. Sedangkan PBN adalah sekelompok pendukung untuk membuatnya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

PBN tersebut berlomba-lomba mengagung-agungkan calon Kepala Desa Konoha. Terlepas dari seberapa buruk rekam jejak sebelumnya. Alhasil, masyarakat akan lebih mengenal sosok tersebut.

Sekelompok pendukung itu mungkin mendukung calon Kepala Desa Konoha dari kubu yang berbeda, mungkin dari kubu Uchiha, mungkin dari kubu Senju. Tergantung permintaan siapa yang ingin diagung-agungkan dan dikenal masyarakat.

Dari analogi sederhana di atas, kiranya sudah semakin jelas apa itu PBN, kan? Agar lebih jelas lagi, simak kelebihan dan kekurangan PBN berikut.

1. Kelebihan PBN

Ada banyak sekali kelebihan dari PBN, antara lain:

a) Backlink Berkualitas

PBN menawarkan backlink berkualitas, ini berbeda dengan backlink kategori cukup dan buruk. Apalagi kalau PBN hanya berfokus pada beberapa website utama, bukan mengunggulkan banyak sekali website di waktu bersamaan.

b) Proyek PBN

Pihak yang memiliki jaringan PBN mendapatkan power luar biasa untuk bersaing dalam visibilitas online. Misalnya, Anda memiliki website yang ingin membahas secara lengkap tentang dampak kecanduan slot jahanam.

Maka, dengan mengerahkan seluruh jaringan PBN untuk mendukung dan memberi power pada artikel dampak kecanduan slot jahanam. Artikel itu di website utama berada di puncak pencarian (tanpa iklan).

Hal serupa juga akan lebih powerful jika menerapkan riset keyword (volume tinggi, persaingan rendah), keyword utama tertarget, optimasi sinonim dan keyword turunan, serta kelengkapan, kualitas, dan orisinalitas artikel.

c) Manfaat Ekonomi

Kabar baik, bahwa semua URL website dalam jaringan PBN Anda dapat mendatangkan manfaat ekonomi. Contohnya, Anda monetisasi semua website dengan iklan Google Adsense.

d) Meningkatkan Traffic Website Utama

Kelebihan berikutnya berkaitan dengan organic traffic, yang kemungkinan besar PBN turut menyumbang traffic tersebut. Bahkan pada beberapa kasus, beberapa URL di jaringan PBN juga mendapatkan organic traffic tanpa sengaja!

e) Keberlanjutan

Berangkat dari fenomena setiap webmaster ingin websitenya mampu bersaing di SERP dengan keyword tertentu. Maka, PBN dapat membantu mewujudkannya dengan cara membuka proyek baru.

2. Kekurangan PBN

Pertimbangkan juga kekurangan dari PBN, seperti:

a) Biaya

Kekurangan yang pertama berkaitan dengan biaya. Ya, jika ingin membangun 100 PBN, hitungan kasar adalah 100 x harga domain, jika harga per domain 250k, Anda membutuhkan biaya 25 juta. Belum termasuk biaya hosting atau server.

Ternyata, untuk mengantisipasi persoalan biaya ini. Anda bisa memanfaatkan daftar backlink gratis yang sama-sama memberi power sebagaimana PBN.

b) Waktu

Persoalan kedua adalah waktu, di mana dalam proses membangun PBN perlu waktu yang tidak sebentar. Di tahun pertama mungkin Anda harus puasa, dan baru bisa memperoleh manfaat PBN pada tahun kedua.

c) Pemeliharaan

Selanjutnya maintenance atau pemeliharaan. Apakah Anda mampu mengelola ratusan PBN sendirian? Jika tidak, bagaimana mengatasinya? Pemeliharaan ini membutuhkan SDM yang memahami teknis pengelolaan website, hosting, dan server yang baik.

Rahasia agar pemeliharaan lebih mudah, rata-rata pemilik PBN menggunakan CMS WordPress atau platform Blogger. Nah, Anda juga perlu memahami cara membuat backlink di WordPress atau Blogger dengan benar supaya tidak menjadi bumerang yang membawa dampak buruk.

Website utama yang mendapatkan tautan balik dari website berkualitas buruk/spam, perlu menerapkan cara disavow backlink. Berbagai metode di atas memang butuh pengetahuan teknis yang mengikuti perkembangan teknologi dan algoritma. Dan kami akan berada di pihak Anda membagikan informasi terbaru.

Demikian penjelasan apa itu PBN, kelebihan, dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Written By