Menu
cara membuat backlink di wordpress

Mudah! Cara Membuat Backlink di WordPress Terbaru

sandi 2 weeks ago 0

Cara membuat backlink di WordPress sebenarnya cukup mudah. Sebagai CMS paling populer nomor wahid di dunia, WordPress menjadi andalan para webmaster.

CMS tersebut cocok untuk nyaris semua jenis website, termasuk blog, portofolio, news, galeri gambar, hingga marketplace sekalipun.

Lantas, backlink termasuk SEO apa? Secara garis besar, kita mengenal 3 jenis SEO: on page, off page, dan technical.

Backlink yang notabene tautan dari website lain yang mengarah ke website kita, masuk kategori SEO off page. Sedangkan internal link, tautan dari dan ke website kita, seperti menuju artikel, page, atau homepage termasuk ke SEO on page.

Berbeda dengan WordPress yang lebih bebas. Platform Blogger meski gratis, memiliki keterbatasan pada fitur dan kustomisasi. Maka dari itu, pengguna lebih condong memilih WordPress walaupun harus spend lebih banyak biaya untuk sewa hosting.

Bagaimana Cara Membuat Backlink di WordPress?

Berangkat dari pemahaman backlink secara umum. Jika kita ingin membuat backlink di WordPress yang mengarah ke website orang lain yang dianggap relevan.

Maka sebenarnya yang perlu kita lakukan adalah membuat link pada anchor text pilihan.

Ada 2 jenis backlink yang paling banyak dipakai: dofollow dan nofollow. Berikut langkah memasang backlink dengan mudah di postingan WordPress.

1. Masuk ke Dasbor WordPress

Pertama-tama, Anda perlu masuk ke dasbor WordPress melalui halaman login. Tanya ke administrator jika URL login sudah custom/ganti.

2. Buat Postingan Blog Baru

Kemudian, arahkan kursor ke Blog >> Add Blog Post, secara default Anda akan masuk ke halaman pembuatan postingan blog baru di post-new.php WordPress.

3. Tulis Artikel sesuai Niche Website Tujuan

Lanjut dengan judul artikel, isi, dan beberapa optimasi on page lainnya. Pastikan artikel yang Anda tulis sesuai dengan niche website tujuan.

Contohnya, website tujuan menggunakan niche travel. Jadi, Anda bisa menulis judul seperti Cara Menjadi Pemandu Wisata yang Menyenangkan. Dengan fokus keyword cara menjadi pemandu wisata.

4. Cara Membuat Backlink di WordPress

Setelah artikel selesai Anda tulis, bagian yang terpenting adalah memilih anchor text. Misalnya saat menulis tadi, Anda mendapat referensi dari newsnidea,com maka masukkan URL tersebut ke salah satu kalimat.

Perhatikan bahwa untuk optimasi SEO, sebaiknya tidak menggunakan fokus keyword sebagai anchor text. Anda bisa menggunakan kata yang lain, misalnya pemandu wisata Indonesia, trik pemandu wisata, atau yang lainnya.

5. Tambahkan Taut (Ctrl+K)

Blog anchor text yang sudah Anda pilih, lalu pilih Taut atau langsung tekan CTRL+K, terakhir tempelkan website tujuan yang Anda tentukan dengan menekan CTRL+V.

Melalui serangkaian langkah di atas, Anda sudah membuat backlink dofollow dengan anchor text pemandu wisata Indonesia yang mengarah ke website https://newsnidea,com/.

Cara Membuat Backlink di WordPress (Nofollow)

Sebagaimana cara membuat backlink di Blogger, secara default backlink di WordPress menggunakan atribut rel dofollow. Lalu, bagaimana cara mengubahnya ke nofollow? Mudah! Ikuti langkah di bawah ini.

  1. Klik tautan yang sudah Anda buat;
  2. Klik ikon pensil (sunting tautan);
  3. Lebarkan opsi dengan memilih lanjutan;
  4. Klik bagian Tandai sebagai nofollow;
  5. Simpan.

Dengan menandai tautan sebagai nofollow, artinya Anda tidak memberikan otoritas maupun merujuk pada website tujuan itu. Namun kemungkinan website tujuan tetap memperoleh traffic yang berasal dari klik tautan Anda.

Cara Mendapat Backlink Natural dan Organik

Di sisi lain, website WordPress Anda juga perlu dukungan dengan backlink dari situs lain. Bagaimana cara mendapatkan backlink secara natural, organik, dan gratis?

  1. Memanfaatkan 100+ daftar backlink gratis.
  2. Membuat konten bermanfaat dan informatif.
  3. Mengulas produk atau layanan orang lain dan membagikannya.
  4. Berpartisipasi dengan menautkan artikel ke forum diskusi.
  5. Mendaftarkan website ke local business dan local directory.

Tidak jarang, seorang webmaster mendapatkan backlink buruk atau jelek. Alih-alih dapat meningkatkan reputasi situs, justru memberi dampak buruk seperti deindex. Maka segera terapkan cara disavow backlink buruk ke Webmaster Google saat itu juga!

Cara Membuat Backlink di WordPress Lokasi Strategis

Kebanyakan dari kita saat membicarakan cara membuat backlink di WordPress pasti berpikiran menaruh tautan di dalam artikel, kan? Padahal, ada banyak sekali tempat yang cocok untuk penempatan backlink.

1. Informasi Profil Akun WordPress

Jika website Anda menghendaki pendaftaran anggota baru, dan masing-masing anggota bisa mengedit detail profil mereka. Maka tempat pertama yang harus ada backlink ada di dalam informasi profil.

Login Dasbor >> Pengguna >> Profil >> tambahkan URL di Situs Web >> Perbarui Profil.

2. Backlink di Page WordPress

Lokasi backlink WordPress berikutnya menempati kualitas yang sangat baik, yaitu di halaman/page statis. Misalnya, website yang memiliki produk atau layanan dari website lainnya. Dapat memasukkan segala informasi krusial di landing page, diikuti tautan yang mengarah ke website tujuan.

3. Lokasi Backlink WordPress di Menu

Mudah dibaca oleh mesin pencari! Ya, bagian menu utama situs WordPres juga merupakan lokasi yang sangat baik. Jika Anda melihat website berita, di menu terdapat bagian Network, yang berisi tautan dofollow ke arah jaringan mereka.

4. Jangan Lupakan Footer

Jika masih kurang, Anda bisa menambahkan backlink di footer, ini juga merupakan lokasi yang mudah dirayapi oleh robot mesin pencari.

5. Sidebar WordPress

Supaya lebih powerful, tambahkan juga backlink di sidebar. Istilah lain untuk backlink di lokasi ini adalah blogroll.

Untuk memasang backlink, sebaiknya menggunakan anchor text yang berbeda. Satu anchor text maksimal cukup Anda gunakan sebanyak 4 atau 5x saja.

Demikian update cara membuat backlink di WordPress terbaru, lengkap dengan lokasi atau posisi strategis. Selain memberi backlink ke website lain, jangan lupakan bahwa website Anda juga membutuhkan nutrisi itu secara rutin!

Written By