Menu
cara cek backlink

5 Cara Cek Backlink Website dengan Tools Berkualitas

sandi 2 weeks ago 0

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan dalam optimasi situs adalah, bagaimana cara cek backlink website?

Bukan tanpa alasan, pihak yang mengelola website perlu mengetahui apakah backlink masih aktif atau sebaliknya.

Pasalnya, backlink tetap menempati urutan atas dalam kompetisi memperebutkan peringkat di mesin pencari. Ini masuk kategori Search Engine Optimization (SEO) off page.

Nah, cek backlink yang termudah adalah menggunakan tool backlink checker premium (berbayar).

Namun, apakah ada tool gratis yang tetap powerful guna mengetahui kinerja tautan aktif yang mengarah ke website? Tentu ada, dan kabar baiknya pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan cara-cara tersebut secara lebih lengkap.

Cara Cek Backlink Website dengan Tool Akurat

Backlink secara sederhana dapat kita artikan sebagai tautan dari website lain yang mengarah ke website sendiri. Dalam bahasa politik, tak ada salahnya menyebut backlink sebagai orang dalam (ordal).

Sebelum lebih lanjut, untuk Anda yang ingin menekan budget, bisa mencoba lihat daftar 100+ backlink gratis ini. Termasuk backlink profile, EDU, GOV, dan lain sebagainya.

Lalu, berikut ini beberapa cara mengecek backlink guna mematikan optimasi website masih optimal.

1. Cara Cek Backlink di GSC

Google, sebagai raksasa nomor wahid mesin pencari, menyediakan tool gratis untuk melihat backlink suatu website di Google Webmaster.

Ini adalah cara paling dasar yang harus setiap webmaster pahami sebelum menggunakan tool backlink premium. Bagaimana langkah-langkah melakukan pengecekan? Sangat mudah.

  1. Masuk ke Google Search Console (GSC), pilih properti URL yang ingin Anda cek backlink-nya.
  2. Scroll down, di sidebar kanan pilih Links.
  3. Eksplorasi tautan di Top linked pages dan Top linking sites.
  4. Pilih halaman yang ingin Anda lihat bagaimana backlink Anda terbangun, misalnya melihat anchor teks.
  5. Pilih situs untuk melihat semua tautan yang berada di dalamnya.

Perhatikan bahwa cara cek backlink GSC hanya bisa untuk mengecek properti URL milik sendiri. Anda tidak bisa mengecek bagaimana kekuatan backlink kompetitor.

2. Cek Backlink Ahrefs

Tetap saja, kalau ingin mengecek backlink sendiri dan backlink website kompetitor, Anda perlu memiliki akses ke tools premium, salah satunya Ahrefs.

Jika menggunakan Ahrefs, terdapat 2 opsi: gratis dan berbayar.

  1. Ahrefs gratis dengan 100 backlink checker, Anda tinggal memasukkan URL website kompetitor ke tools tersebut, dan Ahrefs akan memberikan 100 daftar teratas backlink pembangunnya.
  2. Ahrefs premium dengan pengecekan backlink tak terbatas. Dengan memiliki akses ke tools premium, Anda bebas mengecek backlink website sendiri maupun kompetitor tanpa ada batasan.

Sayangnya, Ahrefs tidak menyediakan paket berlangganan lifetime atau selamanya. Sebagai tools premium yang super powerful, Anda perlu berlangganan per bulan dengan biaya yang notabene mahal.

3. Semrush Analytics Backlinks

Tools berkualitas yang sama-sama terkenal dalam dunia SEO adalah Semrush. Berkat tools Analytics Backlinks dari Semrush, Anda bisa melihat tautan yang membangun website tanpa terkecuali.

Apakah tools ini gratis? Tidak juga, namun terdapat masa trial dengan 10 request pengecekan gratis setelah login. Setelah itu, Anda perlu berlangganan untuk membuka semua fitur di dalamnya.

  1. Masuk ke Semrush Analytics Backlinks.
  2. Input URL website yang ingin Anda cek backlink-nya.
  3. Klik Analyze atau enter.
  4. Login untuk melihat hasilnya.

Semrush memberikan hasil yang detail dan jelas, termasuk jenis backlink dofollow, nofollow, sponsored link, sampai UGC.

4. Cara Cek Backlink Gratis

Alih-alih menggunakan Ahrefs atau Semrush yang mahal, banyak webmaster mempertimbangkan alternatif yang lebih affordable. Apalagi kalau bukan tools Backlink Checker Ubersuggest.

  1. Masuk ke Backlink Checker Ubersuggest.
  2. Input URL website yang ingin Anda cek backlink-nya.
  3. Kolom berikutnya biarkan default.
  4. Klik Submit untuk melihat hasilnya.

Sangat powerful meski gratis! Anda dapat melihat informasi URL website source, target, DA, PA, SS, anchor text, dan informasi lainnya.

Berdasarkan riset kami hingga artikel ini ditulis, hanya Ubersuggest yang menawarkan paket langganan lifetime (selamanya).

5. Cek Backlink di SmallSEOTools

SmallSEOTools seringkali hanya dianggap sebagai alat untuk cek plagiarisme artikel. Namun sebenarnya, ada puluhan tools gratis yang bisa Anda manfaatkan. Seperti Domain Authority Checker, AI Detector, Logo Maker, hingga Backlink Checker.

  1. Masuk ke Backlink Checker SmallSEOTools.
  2. Input URL website dengan menyertakan protokol HTTP/HTTPS.
  3. Klik verifikasi i’m not a robot, lalu klik Get Backlinks.
  4. Lihat bagian Result.

Anda akan memperoleh data yang cukup lengkap (meski keakuratan data tersebut belum jelas). Contohnya data DA, total backlink, source backlink, anchor, dan sebagainya.

Kesimpulan

Berdasarkan tools di atas, dapat kita simpulkan bahwa hanya GSC (Google Webmaster) yang digunakan untuk mengecek backlinks website sendiri. Sedangkan tools lainnya seperti Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, atau SmallSEOTools bisa untuk mengecek backlink website kompetitor.

Secara umum, terdapat akses gratis (trial) dengan cara login terlebih dulu. Tools backlink juga menyediakan fitur lebih lengkap jika berlangganan.

Lihat juga bagaimana contoh backlink, agar tidak salah dalam membangun tautan ke website Anda.

Backlink yang berkualitas dengan pembangunan natural, memperoleh nilai plus di mata mesin pencari. Berbeda dengan bad backlink yang tampak dibuat-buat, bisa-bisa Google memasukkan website Anda ke dalam sandbox.

Dalam proses link building website, perlu tenaga profesional yang berpengalaman untuk menanganinya. Tujuannya jelas sudah, supaya website mendapat manfaat dari backlink-backlink itu.

Memahami cara cek backlink website juga sangatlah penting, terlebih kalau Anda baru saja memesan backlink dari agensi. Jadi, bisa mengontrol apakah backlink terindeks atau sebaliknya.

Written By